Rumusan Masalah
Semakin ketatnya persaingan di industri telekomunikasi,
menyebabkan terjadinya kejenuhan pasar karena semakin meningkatnya pengguna
telepon seluler serta semakin banyaknya pelaku di industriini, sehingga membuat
pelanggan memiliki lebih banyak pilihan operator dan sebagian besar pelanggan
menggunakan lebih dari satu operator secara intensif. Hal ini dapat
mempengaruhi intensitas pelanggan dalam menggunakan kartu simPATI sehingga pada
akhirnya mempengaruhi profitabilitas yang diperoleh perusahaan. Oleh karena
itu,Telkomsel perlu menjaga retensi pelanggan sebagai dasar penentu
keberhasilan
perusahaan dalam meraih profitabilitas. Dengan begitu
Telkomsel tidak hanya memperoleh pendapatan operasional secara positif dengan
cara memperoleh pelanggan baru, tapi lebih kepada strategi Telkomsel yang tepat
dalam mempertahankan pelanggan yang berkualitas dan loyal khususnya bagi
pengguna kartu simPATI
Untuk dapat menerapkan strategi yang tepat dalam
mempertahankan pelanggan tersebut, perlu diidentifikasi faktor-faktor apa saja
yang dapat mempengaruhi customer retention serta faktor mana yang paling
dominan dalam mempengaruhicustomer retention. Mengetahui faktor-faktor tersebut
akan memudahkan perusahaan dalam mengambil langkah-langkah dalam kegiatan
pemasaran yang akan dilakukan guna meningkatkan retensi dari pengguna kartu
simPATI, sehingga profitabilitas perusahan juga semakin meningkat karena
semakin intensifnya pelanggan menggunakan kartu simPATI.
Atas
dasar rumusan masalah di atas, muncul pertanyaan penelitian sebagai berikut:
1.
Apa pengaruh customer satisfaction terhadap customer retention?
2.
Apa pengaruh switching cost terhadap customer retention?
3.
Apa pengaruh trust in brandterhadap customer retention?
1.3
Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Thanks for reading & sharing Berbagi Pengalaman Tips & Tutorial
0 komentar:
Posting Komentar